Posted in:
By Green KLOPERER | 22 comments

Kura-Kura yang selamat dari meteor

Berdasarkan fosil yang ditemukan di Hell Creek dan Fort Union di barat daya Dakota Utara dan sebelah timur Montana, ilmuwan menerka Boremys hidup 80 hingga 42 juta tahun yang lalu. Spesies yang mereka temukan menyukai daerah rawa di sekitar sungai tropis.

Boremys memakan tanaman lunak, moluska kecil, serangga dan ikan. Boremys terkecil memiliki panjang 25 sentimeter, sedangkan yang terbesar bisa mencapai 80 sentimeter.
Boremys tidak memiliki hubungan dekat dengan kura-kura modern. "Tetapi, mereka punya kebiasaan yang sama dengan kura-kura modern," jelas peneliti.

Saat meteor menabrak Bumi 65 juta tahun yang lalu, sebagian besar spesies dinosaurus yang punah. Sebagian lagi mengalami kehilangan individu dalam jumlah yang sangat besar. Sementara beberapa jenis lain, seperti kura-kura Boremys, mampu selamat. "Hewan-hewan besar mati dalam jumlah ribuan. Sementara itu amfibi, seperti kodok dan salamander, juga reptil, masih bisa bertahan karena mereka punya teknik yang membantu mereka hidup di kondisi sulit," kata Joyce.

Joyce juga menambahkan, hewan yang selamat masih harus menghadapi masalah. "Mereka tidak selalu mampu bertahan dari pemangsa," katanya.
Kura-kura modern saat ini pun menghadapi masalah itu. "Ironis, hewan yang sudah ada sejak 220 juta tahun yang lalu sekarang hampir punah karena aktivitas manusia. "Mereka selamat dari asteroid, tapi tidak selamat dari spesies kita", kata James Parham, peneliti dari Field Museum of Naturan History.
 Sumber


Recommended Post

22 Responses so far.

  1. bhotol™ says:

    wah benerkah itu gan ...
    kura kura yang hebat :)

    heheh
    '' jasa akun google adsense '' masih tetep berjalan seperti biasa kok gan ... cuman rada di kurangu ajah jam terbangnya :D :D :D

  2. woow baru tau gue gan emang buaya juga atunya buaya darat xixixi

  3. @Bhoto;...iya gan mreka kura2 hebat n keren..

    @randy..buaya apaan ta..ckkkk ohh bang randy buaya darat to ckkkk,,,kidding :p :p

  4. salam sahabat
    hehehe cerdik tuh kura kuranya ya mas hehehe maaf telat lagi kesini

  5. salam sahabat
    andai itu dialami manusia mungkin akan lebih seru lagi ceritanya xixixi jadi oot ya mas

  6. @Dhana..iya mbah mungkin udah insting kura-kura itu sendiri yg bikin dia selamat dari bencara meteor itu..klo itu dialamai manusia gimna mba? yg hukum rimbanya..aihhh jangan lah lah mba hihihi...

  7. TituitBom says:

    mantap tuh kura-kura, tapi kutipan terakhir bikin sakit hati mas.. hahha

  8. TituitBomb...iya mantab,,tp ujung2nya tragis...emang dasarnya manusia pemakan segala ckkkk...n mksh atas kunjungannya. :)

  9. salam sahabat
    datang lagi dan ngintip ehm masih kura kura dalam perahu hehehehe

  10. salam sahabaat kembali.
    heheh iya mba dhana, lagi agak padet aktifitasnya blakangan ini,,jadi blom sempet cari artikel baru lagi,,,mohon maaf n mksh udah berkunjung lagi .. :)

  11. wkwkw, kura-kuranya hebat. Bisa selamat dari meteor kayak gitu, gimana ya meteor dlu menabrak bumi? :D

  12. @DAW-XP(Cara daftar Google Plus)..iya keren yah,,kita aja blom tentu bisa slamet dari asteroid,,,

  13. maap.. tidak brmaksud nyep.... nyep... nyepam maksudnya.
    cuma mu bligwolkang doank..
    cuma kok kaga ada buku tamunya doank ini?

    yasudahlah

  14. waduhhh sory bleh,,blom nyedain buku tamu ini,,mmaf yee ini aja masih ribet ama waktu,,bikin postingan baru aja blom ada hhehhe,ada gangguan teknis juga seh,,,,n mksh saran n kunjungannya :)

  15. Dhani says:

    kura-kura Boremys, baru denger tuh gua ada ya?

  16. @Dhani...iya bang dhani,,spesies jaman purba tempoe doelu,,heheehe...

  17. ternyata manusia lebih berbahaya daripada meteor sekalipun..:)

  18. @Catatan si Boy..iya mas aris,,,asteroid aja ga ampe bahayain kura2 sedangkan spesien manusia,,malah hampir bikin punah :)

  19. mana bang post barunya ??maaf OOT

  20. @randy,,,okey sob,,,,postingan baru udah mluncur tuh hihihihi...

  21. aneh... ko' yg kecil yg selamat...,*smile...,lalu yg besar pada Punah (dinos), sembunyi di mana sih saat dtg meteor...???, *smile

  22. @Rohis...dia sembunyi di bawah tanah sob...

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih