Posted in:
By Green KLOPERER | 14 comments

Video Asteroid 2011 MD

Asteroid 2011 MD melintas pada jarak yang sangat dekat dengan bumi, pada sekitar pukul 13.15 EDT pada 27 Juni (sekitar 28 Juni pukul 00.15 WIB). Meskipun berukuran kecil (sekitar 6,3 hingga 14 meter), 2011 MD bisa tampak oleh teleskop milik astronom amatir.

Astronom memperkirakan kecepatan maksimal asteroid itu sekitar 101.000 kilometer per jam. Pada kecepatan itu, asteroid melintas melewati Kutub Selatan dan berbelok melingkari Bumi akibat gaya tarik gravitasi. Jarak terdekatnya pada permukaan Bumi sekitar 12.000 kilometer.

Asteroid tidak menabrak Bumi. Menurut analisis Ben Weiss, ahli keplanetan dari MIT, apabila masuk ke atmosfer Bumi, batu itu cukup besar untuk sampai di tanah. "Kita akan mengalami semacam ledakan dan kawah berukuran cukup besar," katanya.

Sekitar 1 asteroid berukuran mirip 2011 MD mendekati Bumi selama 5 hingga 10 tahun sekali. Salah satunya bisa menabrak Bumi sekali tiap 50 tahun. "Bukan hal luar biasa," kata Weiss.sumber nationalgeographic.co.id





Recommended Post

14 Responses so far.

  1. untung tidak mebahayakan keselamatan makhluk hidup

  2. @Stickerseries....iya sob untung cuman numpang lewat doank ga amp nyundul hihihii.... n mksh kunjungannya :)

  3. bhotol™ says:

    wah ... alhamdulillah yah cuman lewat sajah ..... ctctctctct nice share :)

  4. @bhotol..alhamdalg iya sob,,cuma numpang lewat aja,,mungkin asteroidnya lagi narsis pengen terkenal jadi aja ngedekit bumi hahaha..

  5. Alhmdlh. . . .cm lwt doank hehe

  6. asaz says:

    coba kalau nabrak bumi dengan momentum yang besar akan menimbulkan kerusakan yang sangat besar seperti yang pernah terjadi tahun 1992 sebuah astyeroid`besar menabrak jupiter

  7. wah keren ya. Bagaimana nasib bumi nantinya. wkwk :D

  8. Waw.. keren :D hehe..

  9. adibey says:

    ngeri juga ya sob,...

  10. @tary ,,iya untung cuman lewat tuh asteroidnya

    @asaz..waduhh jangan amp deh,,masa kita mau kaya dinosaurus hahaha

    @DAW-XP..nasib bumi yahhh paling2 banyak nongol danau danau dadakan ckkkk

    @Pradiz..hahaha keren videonya,tp ngalamin aihhhh ogahh,apalagi amp mendarat diatas genteng rumah

    @Adibey..iya ngeri bgt jangan amp lah nabarak bumi apalgi klo ukurannya jumbo ...

  11. salam sahabat
    wah luar biasa yach,sangat bagus tuh dan makasih memberikan inforasi kepada saya

  12. @Dhana..iya mba,,,moment sangat jarang posisi asteroid sedeket itu,,terimaksh kembali mba :)

  13. untung cuma numpang lewat wwkkww

  14. @Randy...iya sob,,cuman numpang lewat doank,,asteroidnya lagi Geje ckkkk...

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih