Posted in:
By Green KLOPERER | 9 comments

Bagian Dalam Sebuah Piramida

Piramid atau piramida adalah konstruksi bangunan yang sudah digunakan sejak lama oleh bangsa Mesir kuno maupun bangsa Maya, digunakan sebagai makam raja-raja masa dahulu serta sarana ibadah (pemujaan. Dalam sejarah konstruksi bangunan piramida digunakan sudah sejak lama. Bangsa bangsa Mesir kuno maupun bangsa Maya dikenal menggunakan bangunan piramida sebagai makam raja-raja masa dahulu serta sarana ibadah (pemujaan) selain ada dugaan sebagai tempat penimbunan (gudang) pangan sejak zaman Nabi Yusuf ketika persiapan menghadapi musim paceklik ataupun tempat penyimpanan harta.

Di beberapa daerah di Indonesia, dikenal bangunan yang memiliki konstruksi mirip piramida di antaranya penden berundak yang dikatakan sebagai prototipe piramida, maupun candi candi diantaranya yang mirip dengan konstruksi piramida adalah candi sukuh bahkan Candi Borobudur bisa dikatakan merupakan bentuk konstruksi piramida yang dimodifikasi
Beragam analisis tentang digunakannya konstruksi piramida. 

Ada yang menyebutnya sebagai bangunan warisan UFO dengan alasan terdapat bangunan mirip piramida ditemukan di Mars yang berada satu lintang derajat yang sama dengan lintang derajat di Bumi, ada pula yang mengatakan peninggalan peradaban Atlantis dan sebagian lagi mengatakan bahwa konstruksi piramida digunakan dengan alasan bahwa pada peradaban lampau, manusia mengalami kesulitan untuk membuat konstruksi kubah. Oleh karena itu digunakanlah konstruksi piramida untuk mempermudah. Konstruksi kubah sendiri baru digunakan pada masa Romawi dengan konstruksi pelengkung pada bangunan betonnya dan Romawi Timur yang disempurnakan pada masa peradaban Islam.
Sumber





Recommended Post

9 Responses so far.

  1. al kahfi says:

    bener ya kebanyakan peninggalan2 bangunan kuno berbentuk piramid,,suku maya juga bentuk candinya piramid,,aztek juga,,nice info sob

  2. @al kahfi ... hahha iya sob,,,fungsinya juga beda2 ada ygbuat makan para raja,,ada juga buat nyimpen hasil tani n rempah2 pemujaan n mshbanyak lagi mungkin

  3. nice info sob ..

    sukses yah sob emoticonnya :b:

  4. Buat nyimpan harta karun ga ya? Hehe

  5. @Naufal Hanif Rabbani .. mksh

    @Tarry KittyHolic ... iya sebagian juga ada yg buat nyimpen haerta karun :)

  6. Andy says:

    Anjrit keren banget design bangun ruang'a kagak disangka orang jaman dulu bikin suatu bangunan bisa dengan struktur bangunan yang keren banget

  7. @Andy ... hahah iya sob..qt ga bisa remehin irang2 jaman dulu,,keterbatasan teknologi tp ditunjang kejeniusan otak yahhh gini nih jadinya hahahah

  8. aneh banget ngapain penduduk mesir buat lorong kecil banget buntu pula di bawah tanah :o sungguh misteri aneh.
    thanks sharenya bro :) tanpa sobat share isi piramid, ane gak akan tau nih :D

  9. @ Farixsantips ... hahaha klo yg itu buat pemakaman para raja sob,,,mreka aja yg tau knp dibikin gtu :) n mksh kunjungannya juga

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih