Posted in:
By Green KLOPERER | 33 comments

7 Karya Arsitektur Kuno Yang Menakjubkan

Bangga akan apa yang kita capai dalam kemajuan IPTEK. Mungkin kita mengira bahwa pembangkit listrik tenaga surya, angin, dan lainnya merupakan teknologi canggih yang ditemukan oleh para ilmuwan di zaman modern ini. Tetapi, kita pasti tidak mengira bahwa desain teknologi yang mirip sudah lebih dulu diciptakan oleh peradaban orang-orang jaman dahulu.

Desain Kincir Angin

Kincir angin Persia kuno merupakan salah satu kincir angin tertua yang pernah dibuat oleh manusia. Kincir angin ini dibuat oleh peradaban Persia sekitar 3000 tahun yang lalu. Kincir angin ini digunakan untuk menggiling gandum dan memompa air.

tanaman alang - alang diikat menjadi satu sehingga terbentuk bantalan yang diletakkan di sumbu pusat. Kincir angin ini dibuat dengan hati - hati, karena hampir setiap bagian dibuat dengan tangan.

Walaupun mekanismenya sederhana, tetapi kincir angin ini telah dikenal oleh seluruh peradaban lainnya pada masa itu, dan beberapa negara masih menggunakan mekanisme seperti ini hingga di era modern ini. Bisa dibilang, kincir angin kuno ini merupakan cikal bakal kincir angin modern yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin.

Menara Angin Persia 

Masih dari peradaban Persia kuno, menara angin atau wind tower ini digunakan oleh masyarakat Persia untuk sistem ventilasi udara di rumah - rumah mereka. Sistem ventilasi mereka jauh lebih rumit dari sistem ventilasi yang ada di rumah kita.

 Sistem ventilasi yang mereka kembangkan sejak 2.000 tahun yang lalu ini mungkin hanya bisa disaingi oleh sistem ventilasi dengan teknologi modern. Prinsipnya adalah dengan menggunakan kombinasi perbedaan tekanan udara, dan penyesuaian iklim lingkungan di daerah Persia.

Saluran Air Grafitasi Romawi

Bangsa Romawi kuno juga mengembangkan suatu saluran air yang memanfaatkan gravitasi bumi untuk mengalirkan air ke seluruh wilayah Romawi. Selain digunakan untuk mengalirkan air, saluran air gravitasi ini juga digunakan dalam berbagai kegiatan masyarakatnya, diantaranya untuk roda air, hidrolik penghancur bijih besi, dan lain - lain.

 

Saluran Bawah Tanah

Karena Yerussalem terletak di dataran tinggi dan jauh dari sumber air, maka kota ini memenuhi kebutuhan air dari sungai bawah tanah. Masyarakatnya telah mengembangkan suatu saluran air bawah tanah yang masih bisa digunakan hingga saat ini, meski telah berumur puluhan ribu tahun.


Pemanfaatan Energi Geothermal

Peradaban Romawi kuno telah memanfaatkan energi panas bumi untuk memenuhi kebutuhan energinya. Energi panas bumi berasal dari gunung berapi Vesuvius, yang kemudian memanaskan air di sekitar wilayah tersebut.

 Panas yang dihasilkan tadi kemudian digunakan untuk berbagai hal, seperti untuk pemandian air panas, hidrolik, kebutuhan medis, dan lainnya. Jika listrik telah ditemukan pada masa itu, mungkin sumber energi ini bisa dimanfaatkan lebih luas lagi.

Pemanfaatan Energi Surya 

Pemanfaatan energi surya telah ditemukan oleh peradaban Yunani kuno. Jika kita menggunakan sel surya sebagai pembangkit tenaga listrik, maka peradaban Yunani kuno menggunakannya sebagai cadangan panas selama musim dingin berlangsung.

Konsepnya begitu sederhana, mereka membuat bangunan yang menghadap ke arah matahari, dan seluruh bangunan didesain seperti itu untuk menangkap sinar matahari sebanyak - banyaknya di siang hari karena sinar matahari lebih rendah dari atap mereka.

Ketika di malam hari, seluruh Peradaban Romawi selangkah lebih maju dengan menambahkan kaca untuk menyerap panas matahari dengan maksimal. Ternyata pemanfaatan tenaga surya itu sudah ada sejak lama ya.

Istana Tebing (Cliff Palace)

Tempat yang disebut dengan Istana Tebing ini terletak di Mesa Verde National Park, Colorado. Bangunan unik ini dibangun oleh masyarakat Amerika Utara pada zaman dahulu. Desain konstruksi yang unik ini memiliki tujuan sebagai pendinginan dari sengatan matahari yang panas pada masa itu.

Kita tidak bisa meremehkan begitu saja bangunan - bangunan zaman dahulu. Terkadang, dengan teknologi modern sekalipun, belum tentu dapat menghasilkan bangunan serupa dengan fungsi yang sama pula. Arsitektur zaman kuno memang luar biasa, menandakan bahwa pencapaian ilmu pengetahuan pada masa itu tergolong maju.sumber



Recommended Post

33 Responses so far.

  1. salam sahabat
    bener bener unik karya tersebut
    maaf telat ya mas

  2. @Dhana.. iya mba unik n keren keren yah hihihi,,,waduhhh telat gimna mba?? y ga lah ko mba :) n mksh udah dateng ke sini lagi :)

  3. orang jaman dulu ternyata udh punya pemikiran yang canggih ya..orang jaman sekarang aja blom tentu bisa bikin yg ky gini sob..manteppp! ☺

  4. wah, berita unik yang mantabz kawan, saya sangat suka membaca peninggalan kuno yg unik dan menarik seperti ini

  5. @Spektrumdunia..heheh iya yah sob,kitaga bisa anggep enteng orang2 jaman dulu,,,

    @Yudi..waaah bagus klo gtu sob,,,brarti pas donk sama artikel yg sayakasih hihihihi :p

  6. @Acenoval..hehehe iya sob,,emang hebat.

  7. Subhanallah Keren2... sebenernya orang2 dulu tuh pada tekun2 and pinter2 ya.. ^^'d

  8. wah hebat, sampai dikenal dunia begitu. Andaikan Indonesia masuk juga. hehe

  9. Waw... sumpah, asli keren banget :D

  10. @Cory..yuups bner bgt,,tanpa penemuan orang2 jaman dulu blm tentu kita bisa kaya gini..

    @DAW_XP..waduhhh sayang indonesia ga masuk sob hiks ,,hiks :(

    @Pradisz..yoi sob,,emang bener keren n mencengangkan yahh,padahal itu semua penemuan jaman dulu loh hahaha..

  11. bopfive5 says:

    dulu malah sudah canggih ya dan kita tinggal mengkutinya

  12. @Bopfive5...iya bener sob,,jaman skrang cuman mengembangkan penemuan2 orang tempoe doeloe,,walapun sebagian ada yg juga yg bener2 baru di temuin .. mksh atas kunjungannya n salam kenal :)

  13. Subhanalloh.. Benar2 Bangunan yg UNIK BGT tuh Boss!!
    Ternyata Peradapan Dulu sangatlah Canggih pada masanya, yg telah menjadi Inspirasi Pengembangan Teknologi pada Masa kini!!

  14. hehe iya sob.

    oh ya ada award ini buat sobat yang termasuk 5 best blogger from daw-xp. monggo diliat

  15. keren-keren yah,salam love,peace and gaul.

  16. @Bagio..iya sob,,,teknologi tinggi emang udah dimulai dari jaman dulu hihihi n mksh ya udah dateng :)

    @DAW-XP.. waahhh mksh banyak sob,,ternyata msh ada juga award yg mampir ke sini,, Alhamdalah, moga DAW-XP.blogspot.com makin maju amin :)

    @Saryadinilah.. iya emang keren bgt :) n mksh udah dateng algi kesini :)

  17. Amin, sama-sama sob.
    Saya kalo ngasih award bukan kepada yang banyak traffic atau dari segi kelebihan blognya, namun dari segi persahabatan antar admin yang terjalin selama ini. :)

  18. mantab deah sob informasinya lengkap bnget dh, nambah ilmu ...

  19. @DAW-XP.. waahhh sekalia lagi mksh ya sob :)

    @KhamarDos.. hehehehe okey mksh ya sob atas kunjungan n komentnya n salam kenal :)

  20. Ladida says:

    wah, ternyata zaman dulu ada penerapan teknologi yah, sekarang zaman udah maju dan berkembang, sehingga banyak perbaikan, .

    maaf nih OOT, kok paragraf pertama agak rancu menurut saya, ada kalimat yg terpotong sepertinya . .

  21. @Ladida..hahha iya yah sob,,qt ga bisa anggep remeh orang2 jaman dulu...n mksh juga yah ralat nya hihihihi iya yah masya Allah amp ga ketauan hal2 kaya gtu,,ckkkkk

  22. anjrit... itu dapet sketsa di gambar yg pertama gmn caranya kang..?!?! keren banget tuh kang :)

  23. @Blajar Photoshop...hahaha mksh sob,,iya yg keren bukan gambar nya tp penemuannya kan ?? :p :p

  24. Salam sahabat
    Absen lagi hehehe
    Jadi isi komentar ya mengamini aja ya hehe

  25. ew keren2 bro,btw sorry baru mampir :D

  26. @Dhana..wahh mksh ya mba uda dateng lagi tp maaf blom ada postinganbaru lagi hihihi,,amin apa ni mba,,amin moga kita semua bisa melewati bulam Ramadhan inidengan penuh berkah yah amin hihihi

    @YPS..walahh gimna kabar sob,,udah sembuh ta ?? hihihi okey ga apa2 sob baru mampir lagi n mksh udah dateng lagi

  27. Rizkyzone says:

    sepertinya teknologi modern pun belum sanggup menandingi kecanggihan teknologi lama

  28. @Rizkyzone,,kita juga ga bisa kenyataan klo teknologi jaman skrang banyak yg terilhami/berawal dari penemuan2 orang jaman dulu ..iya kan ??

  29. kalo sekarang ada yang bisa buat kayak gitu ga yah ?

  30. @pandhawa-tiga..hahaha klo skrang mah tnggal pengembangan aja mungkin :)

  31. sangat menakjubkan.. :)

  32. @Catatan si Boy....yups emang bener2 menakjubkan :)

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih