Posted in:
By Green KLOPERER | 4 comments

72 Persen Keluarga Indonesia Pengguna Sepeda Motor

Minimnya sarana transportasi massal di Indonesia membuat kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, menjadi pilihan utama masyarakat. Malah sepeda motor menjadi idola karena harganya terjangkau, praktis, dan biaya operasionalnya murah.

Faktor tersebutlah yang menyebabkan keluarga di Indonesia "wajib" punya sepeda motor. Menurut data Kementerian Perhubungan, 72 persen keluarga memilih sepeda motor untuk transportasi utama. Dari setiap 1.000 penduduk di Indonesia terdapat 210 motor atau berskala 4,7:1.

"Pada 2002 kepemilikan sepeda motor masih sedikit. Lebih banyak keluarga tidak punya sepeda motor. Persentasenya sampai 67 persen. Namun, tahun lalu (2010) berubah drastis, hanya 28 persen keluarga yang tidak punya sepeda motor," ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di sela peluncuran buku Hiruk-pikuk Bersepeda Motor di Menara Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/1/2011).
Paulus Sugih Firmanto, General Manager Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, menambahkan, saat ini terjadi pergeseran pengguna sepeda motor, baik dari perilaku, usia, maupun mekanisme regulasinya. Sekarang ini, ujarnya, usia pengendara motor makin bergeser ke usia lebih dini, yaitu 13-15 tahun.

"Sekarang bikin SIM (surat izin mengemudi) tak sesulit dulu. Banyak anak belum cukup umur sudah menggunakan motor. Bahkan saat ini trennya beli motor dulu, baru belajar. Dulu kebalikannya. Budaya ini yang sudah bergeser," ujar Paulus.

Peningkatan kepemilikan sepeda motor di Indonesia terus terjadi seiring dengan membaiknya tingkat ekonomi. Penjualan sepeda motor terus tumbuh, tahun lalu  mencapai 7,3 juta unit. Bambang menambahkan, persentase keluarga pemilik lebih dari satu sepeda motor di Indonesia juga bertambah 3 persen pada 2010 menjadi 17 persen. Selain itu, tercatat 84 persen keluarga pengguna mobil juga mempunyai sepeda motor.


 "Ini bukti sepeda motor adalah kendaraan alternatif yang menjadi pilihan semua," katanya. Sampai kini diprediksi populasi kuda besi di Indonesia mencapai 47 juta unit dan mobil 9,5 juta unit. Di Jakarta saja tercatat 11 juta kendaraan bermotor dengan 9 juta di antaranya sepeda motor.Sumber

Recommended Post

4 Responses so far.

  1. memang rakyat Indonesia belum waktunya pakai mobil kok, jd 70% pakai sepeda motor, yang 30% pakai sepeda ontel, qiqiqiqi....

  2. ALat transportasi yang murah.

  3. terima kasih atas informasinya
    sungguh bermanfaat artikel ini..thanks for share
    Body mobil

  4. harga suzuki swift bekas says:

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Suzuki Swift bekas

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih