Posted in:
By Green KLOPERER | 33 comments

Penjelasan Secara Ilmiah Tentang Kesurupan

Perlu diketahui mungkin saja seorang pasien dengan penyakit epilepsi atau penyakit ayan saat kambuh mengalami halusinasi melihat hantu, mendengar bisikan dan kemudian suaranya jadi berubah dan mirip dengan gejala kesurupan itu. Biasanya gejala tersebut terdapat pada pasien dengan epilepsy lobus temporalis, walaupun penyakit ini jarang. Serangan epilepsi pada anak sekolah akan seperti kesurupan. Gejala ini memancing teman sekelasnya yang lain –terutama perempuan yang mengalami banyak masalah dan kesulitan– untuk ikut tertular gejala itu.

Dalam istilah kedokteran kesurupan disebut possession trans atau suatu kondisi trans pemilikan yaitu terdapatnya perubahan tunggal atau episodic keadaan kesadaran sesorang di mana dapat diketahui adanya pergantian identitas pribadi dengan idenditas baru. Contohnya orang tersebut merasa menjadi orang lain yang hidup ratusan tahun yang lalu atau menyebut dirinya mbah dll. Akibatnya, orang tersebut mempunyai perilaku yang asing dan aneh.

Tentu Anda sudah melihat di media elektronika bagaimana anak sekolah atau buruh perempuan yang kesurupan itu dengan gejala tatapan mata tajam, menakutkan, kosong dan lurus ke depan. Kemudian suaranya berubah, yang tadinya halus menjadi besar dan berat seperti suara laki-laki, padahal yang kesurupan adalah perempuan. Jika kita periksa, tekanan darahnya agak turun kecuali jika dia meronta-ronta. Suhu badannya agak turun dan terasa dingin.

Yang aneh adalah kekuatan fisiknya melebihi kekuatan yang biasa dipunyainya sehari-hari. Kadang-kadang dia bertindak kasar lari-lari dan melempar orang sekitarnya, berteriak dan bicara tidak karuan, ngalantur dan mungkin dapat berbicara bahasa asing yang dia tidak tahu sebelumnya atau disebut juga xenolalia. Beberapa lama kemudian, tanpa perlu dipegang keras atau dihimpit proses kesurupan akan mulai berhenti dan diikuti dengan gejala amnesia atau lupa semua atau sebagian kejadian yang menimpanya.
 

Pada saat itu akan terjadi rasa kelelahan yang amat sangat dan sakit pada seluruh badannya. Sakit badan itu sebetulnya adalah akibat orang-orang yang menolongnya menekan dan menutup jalan napasnya sebagai upaya mengusir makhluk halus keluar dari tubuhnya. Ini adalah suatu tindakan yang tidak betul.

Ditinjau dari sistem saraf, kesurupan adalah fenomena serangan terhadap sistem limbic yang sebagian besar mengatur emosi, tindakan dan perilaku. Sistem limbic sangat luas dan mencakup berbagai bagian di berbagai lobus otak. Dengan terganggunya emosi dan beratnya tekanan akibat kesulitan hidup, timbullah rangsangan yang akan memengaruhi sistem limbic. Akhirnya, terjadilah kekacauan dari zat pengantar rangsang saraf atau neurotransmitter. Zat penghantar rangsang saraf yang keluar mungkin norepinephrin atau juga serotonin yang menyebabkan perubahan perilaku atau sebaliknya.


Berdasarkan pengalaman saya, untuk mengetahui apakah seseorang kesurupan atau mengalami reaksi histeris, periksa saja kelopak matanya yang selalu ditutup itu. Coba buka kelopak matanya. Pasien yang mengalami reaksi histeris biasanya akan menahannya dengan kuat. Reaksi histeria massal memang gampang terjadi pada siswi-siswi terutama yang bermasalah. Kemungkinan yang kesurupan itu paling hanya satu atau dua orang, kemudian menjalar kepada siswi yang lain.


Histeria ini umumnya menimbulkan reaksi ketakutan. Mereka yang mentalnya tidak kuat dan dia sedang bermasalah, dia akan berteriak-teriak, dan tubuhnya mengalami kejang atau kaku. Hal ini dapat kita lihat jelas pada tangannya.


Perempuan memang relatif gampang terkena kesurupan dan histeria, karena selain faktor emosi yang lebih juga kemungkinan juga karena ada perbedaan hormonal dari dengan laki-laki.

Begitulah kira kira penjelasan medis ilmiah mengenai kesurupan.

Recommended Post

33 Responses so far.

  1. al kahfi says:

    bener juga y sob,, kebanyakan org2 mengidikasikan kesurupan krn adanya mahluk halus sj

  2. @ al kahfi ... hahha iya sob,,penyebab nya banyak n yg ini penjelsan secara ilmu kedokteran / ilmiah

  3. Hemm.. gitu yah, baru tau ane :D makasih banyak infonya sob :D

  4. @ Pradisz Wardhana ... iya mas kurang lebih ya gtu lah Penjelasan Secara Ilmiah Tentang Kesurupan :)

  5. agha says:

    hahhahahha sekarang semuanya menjadi masuk akal.... ternyata semua hal di alam semesta itu rasional dan "dapat dijelaskan". thx thx thx! hari ini gw dapet ilmu yg paling berharga, dan sekarang terbukti bahwa setan hanyalah mahluk hayalan manusia

  6. Unknown says:

    Memory darimana anak tersebut mempunyai pemikiran menjadi mbah yang berumur 100 tahun? Apakah anak tersebut menyukai figur mbah-mbah berumur 100 tahun? Darimana memory "mbah" itu berasal?

  7. wirota says:

    beberapa waktu lalu,ada kasus kesurupan,orang bukan jawa dan gk bisa bahasa jawa,namun ketika kesurupan,ia berbicara dengan bahasa jawa tulen..bagaimana ya penjelasan akan hal tersebut.

  8. wirota says:

    beberapa waktu lalu,ada kasus kesurupan,orang bukan jawa dan gk bisa bahasa jawa,namun ketika kesurupan,ia berbicara dengan bahasa jawa tulen..bagaimana ya penjelasan akan hal tersebut.

  9. wirota says:

    beberapa waktu lalu,ada kasus kesurupan,orang bukan jawa dan gk bisa bahasa jawa,namun ketika kesurupan,ia berbicara dengan bahasa jawa tulen..bagaimana ya penjelasan akan hal tersebut.

  10. wirota says:

    beberapa waktu lalu,ada kasus kesurupan,orang bukan jawa dan gk bisa bahasa jawa,namun ketika kesurupan,ia berbicara dengan bahasa jawa tulen..bagaimana ya penjelasan akan hal tersebut.

  11. wirota says:

    beberapa waktu lalu,ada kasus kesurupan,orang bukan jawa dan gk bisa bahasa jawa,namun ketika kesurupan,ia berbicara dengan bahasa jawa tulen..bagaimana ya penjelasan akan hal tersebut.

  12. sayang sekali waktu itu kakak laki-laki saya kaya orang kesurupan dan ngomong bahasa belanda?? suaranya kaya wanita dan ngomongnya lancar banget?? itu dari mana kakak saya dapet ngomong bahasa belanda, dari pendidikan aja gak sampe SMP pak,, (ga direkam waktu itu)

  13. Itu karena database di masa lampau. Krn pernah hidup pada masa Belanda.

  14. Unknown says:

    Orang bodoh tuh gak bisa berlogika tentang ginian

  15. Unknown says:

    Orang bodoh tuh gak bisa berlogika tentang ginian

  16. Anonim says:

    Orang yang tidak mengenal Agama yg benar pasti tidak mampu menangkap apa itu kesurupan. Karena tidak ada pedomannya. Akhirrnya mereka bawa ke Ilmiahnya, dan ternyata sangat melenceng teori mereka. Kesurupan itu membuktikan bahwa MAKHLUK GAIB itu ada! Manusia lebih banyak angkuh sombong dan hura-hura.Mereka lupa bahkan sengaja tidak tau dan tidak menyakini yg ghaib bahwa dunia ini kita tidak sendiri. Mereka Manusia seenaknya di Muka BUMI. Akhirnya disusupi sama mahkhluk tsb. Makhluk halus tersebut masuknya ketika manusia itu lupa akan Tuhannya. Sedih yang amat sangat atau bahkan Senang yang Amat Sangat. Ketika mereka masuk disitu mereka melancarkan aksi mereka yang dikenal dengan KESURUPAN. Kenapa Kesurupan Massal? di Karenakan Manusia saat ini Massal juga Akhlak dan Agamanya Menurun sehingga benteng dirinya tidak ada!

  17. Menjawab pertanyaan diatas saya, sepertinya ente malah membalikkan logika yang ada. Bukankah sejatinya ilmu pengetahuan mencoba menjelaskan segala sesuatu yang dianggap bersifat irrasional menjadi rasional? Coba kita uraikan, agama menjelaskan sesuatu diluar kuasanya sebagai adanya kuasa yang melebihi dirinya. Maka muncullah teori ketuhanan yang mengkotak-kotakkan manusia kedalam jubah keagamaan. Mengutip pernyataan ente, pertama "Kesurupan itu membuktikan bahwa MAKHLUK GAIB itu ada! ", jika ditelusuri, argumen ente hanya berdalilkan kitab suci (agama) yang disugestikan kedalam dunia nyata yang menciptakan pengalaman akibat sugesti berulang dari kegiatan membaca dan mendengarkan. Kedua "Makhluk halus tersebut masuknya ketika manusia itu lupa akan Tuhannya. Sedih yang amat sangat atau bahkan Senang yang Amat Sangat", apakah semua orang yang lupa akan kewajibannya menjalankan perintah agama akan kerasukan? Apakah semua orang sedih karena apapun itu kerasukan? Apakah orang yang senang karena apapun itu kerasukan?. Ketiga "Ketika mereka masuk disitu mereka melancarkan aksi mereka yang dikenal dengan KESURUPAN. Masuk lewat mana? Apakah ada penjelasan yang secara rasional menjelaskan masuknya "mereka" dan melancarkan "aksi" yang seperti apakah yang rasional dalam kesurupan? Keempat "Kenapa Kesurupan Massal? di Karenakan Manusia saat ini Massal juga Akhlak dan Agamanya Menurun sehingga benteng dirinya tidak ada!, bukankah ini jawaban ente seperti memakai sebuah pemikiran circural reasoning (alasan yang berputar)? Ente tidak memiliki penjelasan yang logis maka patut diduga hanyalah mencontek apa yang dikatakan dalam kitab suci.

    Tidak tahu bukanlah bagian dari kebodohan tetapi berhenti mencari tahu sudah pasti sebuah kebodohan. Apakah mungkin kita hanya melihat dengan kacamata kuda sementara jika kita ini seorang manusia?

  18. Anonim says:

    Tapi di kampung saya ada acara kebudayaan yg namanya terbang di mana orang-orang jadi kerasukan akibat nyanyian tertentu.
    Dan melakukan hal - hal yang bisa di katakan tidak logis seperti memegang bara arang dan baik2 saja, padahal di kehidupan normalnya megang bara rokok saja kulitnya bisa melepuh
    Apakah itu bisa di jelaskan secara ilmiah?

  19. Unknown says:

    Kalau penjelasan ilmiah santet ada gak?

  20. Unknown says:

    Lha sekarang permasalahanya koq kalau di doakan sembuh.... itu ilmiahnya dr mana... pdbal kan secara ilmiah reaksi tubuh harusnya penangananya dg obat2 an... tp koq melalui doa bisa sembuh...

  21. Unknown says:

    Ada memori tersimpan yg dikeluarkan selama "kesurupan" misalnya dari nonton tv orang berbahasa jawa

  22. Unknown says:

    air yg di doa kan atau dibacakan kalimat/ayat yg baik aja jd berubah.trcipta kristal2 yg indah setelah dibacakan. apalagi manusia?
    banyak hal bisa di rasionalkan.tapi tidak semua hal.

  23. Unknown says:

    Jadi bisa di bilang kesurupan bersumber karena stress yg berlebih...!

  24. Iya. Jangan sedikit2 makhluk halus yg disalahin. Wkwkwkwk

  25. Jika kamu bilang Makhluk halus tersebut masuknya ketika manusia itu lupa akan Tuhannya. Kamu salah. Buktinya ada koq org lagi sholat kesurupan. Dan orang yg rajin sholat jg ada yg kesurupan. Hayooo. Hidup ini yg rasional saja. Jngan terlalu klenik. Percaya dengan tuhan bukan berarti harus tahayul. Jika masih dipikir dg rasional. Gak ada salahnya. Walaupun yg rasional itu jg dg ijin tuhan.

  26. Betul. Itulah knp air zam2 disebut sebut sbg air suci. Karena setiap saat mendengar kalimat2 yg baik.
    Buat yg belum tau, silahkan baca the secret of water

  27. Unknown says:

    Klw yg saya tahu sih makhluk halus itu memang ada. Cuma ga bs di lihat. Secara ilmiah, hal ini dikarenakan alam ghaib punya frekuensi jauh di atas dunia manusia, makanya kita ga bs liat dan ga bs berinteraksi dgn alam ghaib. Nah klw sampai frekuensi kedua frekuensi ini ketemu, barulah org bs liat penampakn makhluk ghaib bahkan bisa kesurupan. Wallahu alam bis shawab.

  28. Gue seneng banget bisa tahu dan ngejelasin ini sama temen-temen gue.
    Sebenarnya gue muak ngeliat orang-orang sok pahlawan, ngebacain ayat quran yang sebenarnya ga ada hubungan sama itu.
    Bahkan sok-sokan nabi, padahal cuma manusia. Haha, penyakit orang, dikit2 dikaitkan dengan makhluk halus, yang sebenarnya ga ada.

  29. Adi pura says:

    Menurut ku sih benar ilmiah lebih logis. Soalnya waktu itu nenek saya sakit syaraf otak sering lupa ingatan, lalu berobat ke dukun dan katanya dia kesurupan cara penyembuhannya katanya jendela pintu harus dipaku. Tetapi tidak sembuh2 dan waktu itu langsung panggil dokter dan kata dokter nenekku penyakit syaraf otak dan harus dirawat di RS dan seminggu sembuh deh....

  30. Adi pura says:

    Menurut kalian bagaimana kata dokter nenekku terkena penyakit syaraf atau kata 2 orang dukun berbeda kesurupan....

  31. Dark Side says:

    kehilangan kesadaran adalah benar merupakan penyebab hipnotis dan kesurupan, namun menurut saya pribadi, pada saat setelah hilang kesadaran antara hipnotis, mimpi dan dan kesurupan, yang mengambil alih alam baeah sadarnya itu yang berbeda.

    ketika mimpi, alam bawah sadar masih dikuasai orang, ketika hipnotis, alam bawah sadar dikuasai oleh penghipnotis, namun ketika kesurupan, alam bawah sadar sudah dikuasai jin dan makhluk ciptaan Allah, itu juga ada di kitab suci umat islam, kalo anda islam papasti tau.

    jadi intinya adalah siapa yg menguasai alam bawah sadarlah yang membedakan antara mimpi, hipnotis dan kekesurupan.

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih