Posted in:
By Green KLOPERER | 4 comments

Stasiun Kereta Bawah Tanah Terbaik Dunia

Sebagai fasilitas umum, stasiun harus dirancang untuk kenyamanan pengguna. Untuk itulah dibutuhkan rancangan dari para ahli. Terutama jika stasiun tersebut akan dijadikan ikon atau indentitas kota. Ciri khas harus bisa dikedepankan. Dan stasiun di bawah ini memiliki kriteria sebagai ikon dan pemuas kebutuhan penggunanya

1.Stockholm Tunnelbana (Swedia)
Stasiun kereta bawah tanah biasanya dirancang dalam gaya yang bersih dan modernistik untuk membuat orang lupa mereka bepergian jauh di bawah tanah. Tapi berbeda dengan stasiun kereta bawah tanah Tunnelbana Stockholm. Di sini stasiun dibangun menyerupai batuan padat yang dipotong seperti gua dengan langit-langit batu. Perpaduan alam jaman dulu dan jaman masa depan dengan sentuhan akhir mengambari dinding “gua” itu.

Stockholm Tunnelbana (sumber: wordpress.com,uniknya.com)

2.Munich U-Bahn (Jerman)
Munich Public Transport System (MVV) adalah bangunan dengan sistem termegah yang terkoneksi dengan puluhan S-Bahn (Kereta Suburbian), U-Bahn (Kereta Bawah Tanah), Term Bahn (Trem) dan jalur bus yang menghubungkan dengan semua bagian kota secara sempurna. Sistem metro ini telah dibuka sejak 1972 dan memiliki stasiun yang luas dan bersih. Sebelumnya bangunan berbentuk minimalis, kemudian mendapat fitur arsitektur yang lebih menarik dan beberapa karya seni.

Munich U-Bahn (sumber: livingincolorwithsonu.typepad.com,uniknya.com)

3.Shanghai Bund Sightseeing Tunnel (Cina)
Sebagai sarana trasnportasi umum, stasiun ini menjadi salah satu bentuk yang paling nyata dan menyenangkan. Terowongan ini menghubungkan daerah pesawahan di timur Nanjin dengan Pudong dekat menara TV Oriental Pearl dan melintas di bawah Sungai Huangpu. Perjalanan ini seperti hayalan dalam sebuah kapsul kaca sepanjang 647 meter dengan terowongan terang benderang.

Shanghai Bund Sightseeing Tunnel (sumber: media-cdn.tripadvisor.com,uniknya.com)

4.Moscow’s Komsomolskaya Station (Rusia)
Stasiun Komsomolskaya di Moskow adalah yang paling terkenal dari semua lintasan di Koltsevaya dengan seluruh system yang dimilikinya. Stasiun ini juga merupakan ikon Moskow karena terletak di pusat transportasi tersibuk. Stasiun Komsomolskaya melayani tiga terminal kereta api; Leningradsky, Yaroslavsky dan Kazansky. Stasiun ini menggambarkan kota Moskow dan Rusia secara keseluruhan dengan tema sejarah patriotik dan masa depan sebagai inspirasi bangsa. Stasiun ini dibuka pada 30 Januari 1950.

Moscow’s Komsomolskaya Station (Sumber: designboom.com,uniknya.com)

5.Frankfurt’s Bockenheimer Warte Station (Jerman)
Pintu masuk kereta bawah tanah ini sangat yang aneh, tampak seperti kereta menerobos trotoar dari bawah, terletak di Frankfurt. Arsitek dari bangunan ini Zbiginiew Peter Pininski. Dikabarkan saat membuat bangunan tersebut ia terinspirasi seniman surealis, Rene Magritte.

Recommended Post

4 Responses so far.

  1. wah luar biasa sob, kapan yah negara kita punya stasiun kayak gitu hehehe...

  2. Terkesan banget sama arsitek yang rusia mantap ya... bernilai seni tinggi... ^_^

  3. wuih keren banget......
    :)

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih