Posted in:
By Green KLOPERER | 2 comments

INI DIA FILM KARTUN PERTAMA


Walter Disney, pada 1901 menciptakan tokoh kartun animasi pertama. Kita semua tentu mengenalnya. Mickey Mouse dan Donal Duck. Walter Elias Disney atau populer sebagai Walt Disney adalah seorang produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara dari Amerika Serikat. Bersama saudara kandungya, Roy Oliver Disney, Walt mendirikan The Walt Disney Company dan sekarang terkenal dengan berbagai film dan taman bermainnya, seperti Disneyland dan Disney Resort Paris.

Walt Disney mencari-cari bentuk yang lucu, menarik, dan tidak menjijikkan. Mickey Mouse, tokoh kartun tikus yang dibuat seperti itu. Suatu saat ketika Walt remaja pergi ke rumah pamannya untuk berkunjung, dan berjalan-jalan untuk mencari sesuatu di ladang pamannya, disana ditemukan banyak sekali tikus-tikus ladang yang berkeliaran di sekitarnya. Melihat banyaknya tikus-tikus tersebut, suatu saat terinspirasi oleh tikus-tikus tersebut dan muncul keinginan untuk menuangkan imajinasinya tersebut kedalam bentuk kartun, maka dicobalah membuat sketsa kartun yang berasal dari objek tikus yang dilihatnya.

Mickey Mouse yang merupakan cikal bakal dari kartun animasi pertama yang pernah dibuat. Awal mulanya, bentuk Mickey masih sederhana. Dengan beberapa ciri tikus yang dimanipulasi mulai dari bentuk telinga yang dibuat bulat. Bentuk mata yang dibuat besar hampir sebesar wajahnya, dan bentuk tubuh yang kurus ditambah atribut celana pendek yang dibuat sederhana sehingga memudahkan untuk proses produksinya.

Dan Mickey Mouse, melakukan debutnya di layar perak dalam film bertajuk “Steamboat Willie” pada 18 November 1929. Hingga ulang tahun Mickey Mouse dicatat pada tanggal 19 November . Mickey Mouse, yang diciptakan oleh Walt Disney, segera menjadi sukses besar dan telah muncul dalam lebih dari 100 film. Kata Walt Disney, tikus kecil itulah yang telah membantunya menciptakan kompleks hiburan bernilai bilyaran dollar yang terdapat di berbagai bagian dunia.

Lain pula cerita Donal Duck. Donal tampil pertama kali pada tanggal 9 Juni 1934 dalam kartun “The Wise Little Hen”. Namun, menurut kartun Donald’s Happy Birthday, ulang tahun Donal jatuh pada tanggal 13 Maret. Donal dibuat oleh Walt Disney saat mendengar Clarence Nash mengucapkan suara bebeknya saat menceritakan “Mary had a little lamb”.

Tahun 1936, Donal mulai membintangi kartunnya sendiri, kartunnya yang pertama pada tanggal 9 Januari 1937 adalah Don Donald. Cerita ini juga memperkenalkan pacar Donal, Desi Bebek yang juga disebut Donna Bebek. Keponakan Donal, Kwik, Kwek, dan Kwak, muncul pada tanggal 15 April 1938 dalam film Donald’s Nephews, disutradai oleh Jack King.

Donal Duck rupanya juga menjadi maskot Angkatan Udara Amerika Serikat, loh! Ia muncul sebagai maskot di Skuadron Petarung ke-309 Army Air Corps dan United States Coast Guard Auxiliary yang menunjukan Donal sebagai bajak laut yang siap untuk mempertahankan pantai Amerika Serikat dari para penyerang. Pada tahun 1984, selama perayaan ulang tahun ke-50
Donal, US Army mengangkat Donal menjadi sersan karena filmnya selama Perang Dunia II. Upacara untuk Donal sama dengan upacara pengangkatan militer lainnya, dengan Donal mengenakan seragam militer dan menerima sertifikat serta lencana sersan, setelah itu ia memeluk Desi Bebek dalam kegembiraan.


sumber http://alizbomb.blogspot.com








Recommended Post

2 Responses so far.

  1. Mr.Randy says:

    ya gan maseh item putih hohoho miki pertama kalie

  2. iya lah jaman dulu mana ada TV warna ckkkkk

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih