Posted in:
By Green KLOPERER | 7 comments

Alasan Saat Menguap Bisa Menular

 Menguap saat mengantuk ternyata bisa menular, demikian hasil penelitian dari para ilmuwan di University of Pisa, Italia. Jika ingin membuktikannya Anda bisa mencoba dengan menguap dekat sahabat karib Anda, lalu tunggu berapa detik sebelum sahabat Anda juga berprilaku yang sama seperti Anda. Nah penelitian yang dilakukan oleh Ivan Norsicia dan Elisabetta Palagi, menunjukan bahwa menguap ternyata bisa menular dan kecendrungan penularan itu semakin tinggi di antara orang-orang yang terhubung secara sosial.

Ada pun dalam penelitian sebelumnya ditemukan bahwa menguap menular sebenarnya bentuk dari empati kepada orang lain. Bahkan prilaku itu juga ditemukan pada anjing yang juga menguap jika melihat majikannya capai atau letih.

Norsicia dan Palagi, dalam penelitiannya melibatkan 109 sukarelawan dari Eropa, Amerika Utara, Asia, dan Afrika. Sukarelawan itu juga dipisahkan menurut jenis kelamin mereka.

Untuk mendapatkan hasil yang tepat mereka membatasi waktu bagi reaksi orang kedua setelah orang orang pertama menguap sebanyak tiga menit.

Hasilnya ditemukan bahwa orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga akan ikut menguap kurang dari satu menit setelah saudaranya menguap. Prilaku yang sama juga terjadi kepada orang-orang yang saling bersahabat.

Sementara untuk orang yang tidak saling kenal, butuh dua bahkan tiga menit untuk membalas menguap setelah orang yang pertama menguap. "Penularannya semakin besar di antara orang-orang yang saling kenal, tetapi kecendrungan itu juga dipengaruhi rasa empati, dari orang yang tidak saling kenal sampai pada orang punya hubungan dekat," terang Norsicia dan Palagi.

Sebagai pembanding, dalam sebuah penelitian pernah ditemukan bahwa penderita autis tidak akan menguap jika orang di dekatnya menguap, karena mereka bermasalah dengan interaksi sosial dan komunikasi

Recommended Post

7 Responses so far.

  1. menguap itu ditularkan oleh setan males wkwkwkw

  2. kalau menguap dipasar apa orang sepasar ketularan menguap semua? wkwkwk....

  3. Andy says:

    menguap tuh tanda kurang tidur mas,tapi kalau menguap kagak pakai bau sih kagak apa2 tapi kalau pas nguap bau pete,rasanya pengen nampol tuh orang soalnya nyebarin virus

  4. template baru ni sobat.., batik hijaux bikin adem :)

    adab menguap dlm islam:

    “Menguap itu dari setan. Maka bila seorang dari kalian menguap hendaklah sedapat mungkin menahannya karena bila kalian menguap dengan mengeluarkan suara “haa”, setan akan tertawa”. (Al Bukhari)
    Juga hadits:
    “Jika salah seorang dari kalian menguap maka peganglah mulutmu dengan tanganmu, karena setan akan masuk.“(Muslim)

  5. latah aja ntu mah yg liatnya... hihihi

  6. wuiihh.. ini jawaban ilmiahnya yak Sob..
    keren.. izin ngopast yak Sob.. :D

  7. ternyata oh ternyata ini to alasannya

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih