Posted in:
By Green KLOPERER | 9 comments

NANO SPIDER Robot Penghancur Kanker



Para ilmuwan telah menciptakan robot mikroskopis dari molekul DNA yang dapat berjalan, berbalik dan bahkan menciptakan produk-produk kecil mereka sendiri di jalur perakitan berskala nano. 

Perangkat revolusioner yang dijelaskan dalam jurnal Nature ini di masa depan diharapkan bisa memimpin pasukan robot ahli bedah yang bisa membersihkan arteri manusia atau membangun komponen komputer di dalamnya.


Dikutip dari Daily Mail, salah satu pendukung proyek dari New York Columbia University ini bahkan telah mengembangkan robot laba-laba berukuran 4 nanometer atau sekitar 100.000 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia.

Robot laba-laba ini diharapkan dapat berjalan sepanjang lintasan DNA. Dengan menggunakan alur yang sesuai dengan urutan, robot dapat dibuat untuk berjalan, berbelok ke kiri atau kanan sesuai alur untaian DNA. 

Tubuh robot ini terdiri dari protein yang biasa disebut streptavidin. Melekat padanya kaki tiga 'enzimatik DNA' untai tunggal yang mengikat dan kaki keempatnya adalah untaian yang membawa laba-laba ke titik awal.

"Setelah robot dilepaskan dari pemicu, maka ia akan mengikat kemudian memotong untaian DNA," ujar Milan Stojanovic selaku ketua tim proyek. Setelah untaian dipotong, kaki robot mulai meraih jalur dan mencocokan DNA. Dengan ini, robot dipandu ke jalur yang ditetapkan oleh peneliti.


Untuk melihat robot ini bergerak, para peneliti menggunakan mikroskop kekuatan atom. Robot ini bisa mencatat tanda-tanda penyakit pada permukaan sel, menentukan sel itu adalah kanker, menghancurkan sel kanker bahkan robot itu bisa memberikan senyawa untuk membunuhnya.

Rupanya 'DNA berjalan' ini sudah dikembangkan sejak dulu, namun mereka tak pernah mencapai prestasi seperti saat ini. "Robot itu bisa berjalan hingga 100 nanometer atau sekitar 50 langkah," ungkap Profesor Yan asal Arizona State University.

"Ini pertama kalinya sistem mesin nano digunakan untuk melakukan operasi. Sebuah kemajuan penting dalam evolusi teknologi DNA," kata Lloyd Smith dari University of Wisconsin, Madison. 

Hampir 6 miliar poundsterling diinvestasikan dalam penelitian dan pengembangan produk nano di seluruh dunia. (sumber www.apakabardunia.com)











Recommended Post

9 Responses so far.

  1. ijin menyimak dulu sob hehehehee

  2. monggoh silahkan gan ... :)

  3. nano spider sama permen nano-nano beda ya gan? :-p..mancuaappp nih robot bisa nyelip2 di dalem organ manusia..wekekeke

  4. spektrums klo bedanya saya ga tau,,,tp klo persamaanya,,makin lama makin kecil bentuknya,apalagi klo sama di cedooottt boooo makin lama amkin asik ckkkkk...

  5. walah kalo ketelen gimana tuh >???bisa2 mules deh perut.Hem canggih laba2 nya

  6. hahahaha klo ke telen enak ko kaya lumpia rasanya :p :p :p

  7. Wah.. info bagus ni sob.. thanks..

  8. mksh kembali sob,,n mksh juga udah sudi mampir ke blog saya :)

  9. keren ni robot bisa jadi mata-mata kalo perlu

Leave a Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar/Saran Anda Disini
Terima Kasih