72 Persen Keluarga Indonesia Pengguna Sepeda Motor
Minimnya sarana transportasi massal di Indonesia membuat kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, menjadi pilihan utama masyarakat. Malah sepeda motor menjadi idola karena harganya terjangkau, praktis, dan biaya operasionalnya murah.
Faktor tersebutlah yang menyebabkan keluarga di Indonesia "wajib" punya sepeda motor. Menurut data Kementerian Perhubungan, 72 persen keluarga memilih sepeda motor untuk transportasi utama. Dari setiap 1.000 penduduk di Indonesia terdapat 210 motor atau berskala 4,7:1.
"Pada 2002 kepemilikan sepeda motor masih sedikit. Lebih banyak keluarga tidak punya sepeda motor. Persentasenya sampai 67 persen. Namun, tahun lalu (2010) berubah drastis, hanya 28 persen keluarga yang tidak punya sepeda motor," ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di sela peluncuran buku Hiruk-pikuk Bersepeda Motor di Menara Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/1/2011).
Paulus Sugih Firmanto, General Manager Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, menambahkan, saat ini terjadi pergeseran pengguna sepeda motor, baik dari perilaku, usia, maupun mekanisme regulasinya. Sekarang ini, ujarnya, usia pengendara motor makin bergeser ke usia lebih dini, yaitu 13-15 tahun.
"Sekarang bikin SIM (surat izin mengemudi) tak sesulit dulu. Banyak anak belum cukup umur sudah menggunakan motor. Bahkan saat ini trennya beli motor dulu, baru belajar. Dulu kebalikannya. Budaya ini yang sudah bergeser," ujar Paulus.
Peningkatan kepemilikan sepeda motor di Indonesia terus terjadi seiring dengan membaiknya tingkat ekonomi. Penjualan sepeda motor terus tumbuh, tahun lalu mencapai 7,3 juta unit. Bambang menambahkan, persentase keluarga pemilik lebih dari satu sepeda motor di Indonesia juga bertambah 3 persen pada 2010 menjadi 17 persen. Selain itu, tercatat 84 persen keluarga pengguna mobil juga mempunyai sepeda motor.
"Ini bukti sepeda motor adalah kendaraan alternatif yang menjadi pilihan semua," katanya. Sampai kini diprediksi populasi kuda besi di Indonesia mencapai 47 juta unit dan mobil 9,5 juta unit. Di Jakarta saja tercatat 11 juta kendaraan bermotor dengan 9 juta di antaranya sepeda motor.Sumber
Recommended Post
-
Awal Mula Penemuan Rokok Bentuk paling awal dari rokok telah dibuktikan di Amerika Tengah sekitar abad ke-9 dalam bentuk alang-alang dan ...
-
Pernahkah agan bertanya, mengapa susunan huruf dalam keyboard mesin ketik, komputer, hingga PDA kita berupa “QWERTYUIOP” dan seterusnya?...
-
Jam-jam setelah makan siang paling rawan menurunkan produktivitas seseorang. Mengantuk jadi satu alasan utama. Tekanan pekerjaan sejak p...
-
Sumber Berita Cerita Inspirasi Motivasi Dunia Terbaru – Beritama.com , banyak di luar sana yang kecewa dengan hasil optmiasi SEO mereka, ...
-
Di wilayah Australia yang terpencil, ada sebuah danau yang bernama Toplitz. Namun bukan keindahannya yang membuat danau ini menjadi terkena...
-
Menguap saat mengantuk ternyata bisa menular, demikian hasil penelitian dari para ilmuwan di University of Pisa, Italia. Jika ingin membu...
-
You'll Never Walk Alone Liverpool Football Club (dikenal pula sebagai Liverpool atau The Reds ) adalah sebuah klub sepak bola pe...
-
Jangan main-main bila melihat wanita berkerudung dengan wajah tertutup seperti mengenakan cadar. Bisa saja dia seorang kunoichi (ninja per...
-
Mungkin selama ini kita tidak pernah peduli, tapi kartu yang kita kenal adalah jenis kartu dari Inggris. Seperti JACK (J) QUEEN (Q) KIN...
-
"Dunia emang ga selebar daun kelor" itu lah yang namanya dunia ya gan,,, banyak banget kejadian-kejadian di dunia ini yang lucu,...
memang rakyat Indonesia belum waktunya pakai mobil kok, jd 70% pakai sepeda motor, yang 30% pakai sepeda ontel, qiqiqiqi....
ALat transportasi yang murah.